Selasa, 06 April 2010

QUALITATIVE

TEORI
Uses, Gratifications and Depedency
Salah satu dari teori komunikasi massa yang populer dan serimg diguankan sebagai kerangka teori dalam mengkaji realitas komunikasi massa adalah uses and gratifications. Pendekatan uses and gratifications menekankan riset komunikasi massa pada konsumen pesan atau komunikasi dan tidak begitu memperhatikan mengenai pesannya. Kajian yang dilakukan dalam ranah uses and gratifications mencoba untuk menjawab pertanyan : “Mengapa orang menggunakan media dan apa yang mereka gunakan untuk media?” (McQuail, 2002 : 388). Di sini sikap dasarnya diringkas sebagai berikut :
Studi pengaruh yang klasik pada mulanya mempunyai anggapan bahwa konsumen media, bukannya pesan media, sebagai titik awal kajian dalam komunikasi massa. Dalam kajian ini yang diteliti adalah perilaku komunikasi khalayak dalam relasinya dengan pengalaman langsungnya dengan media massa. Khalayak diasumsikan sebagai bagian dari khalayak yang aktif dalam memanfaatkan muatan media, bukannya secara pasif saat mengkonsumsi media massa(Rubin dalam Littlejohn, 1996 : 345).









JUDUL

PENGARUH INTERNET TERHADAP KINERJA KARYAWAN


1. NAMA : NATARINI
USIA : 25 TAHUN
PEKERJAAN : SEKRETARIS

2. NAMA : IRMA ESTIADI
USIA :33 TAHUN
PEKERJAAN :PEGAWAI SWASTA



PERTANYAAN

1. seberapa sering anda menggunakan internet dalam sehari diwaktu kerja?
2. apakah pekerjaan anda merasa terbantu dengan adanya internet?
3. apa perbedaannya bila bekerja dengan menggunakan internet dengan tanpa internet?

X : seberapa sering anda menggunakan internet dalam sehari diwaktu kerja?
Y1: cukup sering, sepanjang hari bekerja, begitu saya menyalakan komputer langsung terhubung internet

X : apakah pekerjaan anda merasa terbantu dengan adanya internet?
Y1: terbantu sekali. Pekerjaan saya membutuhkan kecepatan dalam mengirim data, dari pada dikirm via pos atau titipan kilat akan membutuhkan waktu yang lama

X: apa perbedaannya bila bekerja dengan menggunakan internet dengan tanpa internet?
Y1: waktunya lebih cepat, efisien, dari pada yang tidak menggunakan internet

X: seberapa sering anda menggunakan internet dalam sehari diwaktu kerja?
Y2: sering banget. Karena itu bisa menambah kinerja pekerjaan, karena pekerjaaan saya berhubungan dengan perminyakan sementara backround saya bukan perminyakan, jadi kalau ada hal2 yang saya tidak tahu, saya cari di internet. Selain itu juga saya bisa mencari

X: apakah pekerjaan anda merasa terbantu dengan adanya internet?
Y2:sangat terbantu sekali. Saya bisa mencari software2 yang saya butuhkan dalam pekerjaan saya.

X: apa perbedaannya bila bekerja dengan menggunakan internet dengan tanpa internet?
Y2: dengan menggunakan internet, waktu kita akan lebih efektif. Kalau tidak menggunakan internet waktu yang dibutuhkan akan lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar