Selasa, 06 April 2010

ANALISIS SKRIPSI

1. Judul skripsi : Persepsi Masyarakat Terhadap Pesan Lingkungan Hidup Di Televisi
(Studi kasus pada warga JL. Satria 11 RT/RW 006/004, Grogol Petamburan, Jakarta Barat tentang program Let’s Go Green versi Green Minute di Meto TV)

Nama : Daisy Melinda Tania
NIM : 2004080728
Jumlah halaman : 5 bab, 103 halaman, 3 gambar, 21 tabel, 7 lampiran
Referensi : 27 buku, 3 artikel, 3 situs web

Analisis :
pada masa yang kritis akan permasalahan pemanasan global, Metro TV mengkampanyekan Let’s Go Green pada tahun 2008 untuk menyadarkan dan mengedukasi masyarakat Indonesia akan ancaman pemanasan global. Penelitian ini membahas tentang persepsi masyarakat terhadap pesan tentang lingkungan hidup di televisi dalam program Let’s Go Green Minute di Metro TV pada warga JL. Satria 11 RT/RW 006/004, Grogol Petamburn, Jakarta Barat.

teori yangdigunakan dalam penelitian ini antara lain teori komunikasi, teori komunikasi massa, teori media massa, teori persepsi, teori pemirsa, teori pesan, teori televisi, teori proses produksi, teori tema cerita, teori kualitas visual, teori waktu penayangan, teori durasi penayangan dan teori penyusunan deskriptif.

penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengukur persepsi masyarakat terhaap pesan tentang lingkungan hidup di televisi dari berbagai segi. Setelah melakukan pengambilan sampel dengan berbagai teknik non-probabilitas metode purposive sampling, maka diperoleh responden sejumlah 53 orang.

Setelah menolah data kuesioner, maka diperoleh kesimpulan bahwa tema cerita Green Minute cukup disukai oleh responden dan dianggap cukup menarik. Demikian juga dengan kualitas visual Green Minute juga dianggap bagus. Informasi yang disampaikan juga mudah untuk dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, persepsi masyarakat terhadap waktu penayangan dan durasi penayangan Green Minute tidak cukup bagus. Oleh karena itu masyarakat berharap pihak Metro TV akan menambah waktu penayangan Green Minute.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada pihak Metro TV agar menambah waktu penayangan Green Minute agar informasi yang disampaikan akan diperoleh lebih mendalam oleh masyarakat yang lebih luas

Diperoleh dari : Perpustakaan STIKOM LSPR Jakarta
No : 370.110.08


2. Judul skripsi : Pemahaman Perempuan Indonesia Mengenai Pesan kanker Serviks
(Study Deskriptif : ibu-ibu rumah tangga di Ulujami Jakarta Selatan)

Nama : Nadya Rindrani
NIM : 2004.08.0655
Jumlah halaman : 87 halaman, 7 lampiran
Referensi : 26 buku, 2 internet website, 2 brosur



Analisis :
Latar belakang penelitian ini adalah begaimana onformasi mengenai kanker serviks dapat diterima oleh ibu-ibu rumah tangga. Informasi tersebut disebarkan melalui brosur. Brosur merupakan salah satu media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dengan brosur komunikasi yang sebelumnya belum diketahui dapat menjadi informasi yang menambah wawasan.

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Cara pengambilan sample adalah non probability sampling dengan menggunakan metode pursosive sampling, dengan responden 50 orang.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan bagaimana pemahaman pesan kanker serviks kepada ibu rumah tangga dari sisi bentuk dan sisi bahasa pesan. Hasil penelitian adalah masyarakat memberikan tanggapan positif terhadap pesan dalam brosur kanker serviks, namun sebagian kecil responden belum paham, bahkan tidak mengerti tentang kanker serviks.

Implikasi atau sasaran adalah peneliti perlu dilanjutkan dengan metode penelitian lainnya agar informasi kesehatan mengenai kanker serviks dapat diketahui secara terpadu oleh ibu-ibu rumah tangga dilingkungan perkampungan atau pedesaan.

Diperoleh dari : Perpustakaan STIKOM LSPR Jakarta
No : 370.109.08


3. Judul skripsi : Strategi Band Baru Dalam Mempromosikan Album
(Studi deskriptif pada band Pilot)

Nama : Oloppy Simanjuntak
NIM : 2004.080.300
Jumlah halaman : 5 Bab, 64 halaman
Referensi : 24 buku, internet website, dan media surat kabar

Analisis :
Dalam penelitian ini, dibahas strategi sebuah grup band dalam mempromosikan album baru. Objek penelitian yang diambil dalam hal ini adalah grup band Pilot yang baru pada awal tahun 2008 mengeluarkan album perdananya.

Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi grup band Pilot dalam mempromosikan album. Kemudian bertujuan untuk diketahui apa sajakah strategi-strategi yang digunakan dalam mempromosikan album dan seperti apa proses pelaksanaannya.

Penelitian ini didukung oleh beberapa teori seperti teori komunikasi, teori komunikasi massa, teori strategi, teori musik, dan juga teori promosi yang menjadi bahan pembahasan dibab ii dan iv.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang menggunakan metode analisis data secara kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui data primer dan juga data sekunder.

Band Pilot merupakan grup band baru yang pada awal tahun 2008 ini meluncurkan sebuah album yang diberi judul ’Sepanjang Hidupku’. Band ini beraliran musik hard love, yaitu bertemakan cinta tetapi mengandung unsur-unsur rock dalam aransemen musiknya. Beranggotakan 5 personil, band ini yakin dan optimis bisa ikut meramaikan belantika musik Indonesia.

Diperoleh dari : Perpustakaan STIKOM LSPR Jakarta
No : 370.210.08

3 komentar:

  1. kak anggita thank you ya info analisis skripsi. semua analisis nya berguna banget apalagi kak anggita juga anak LS jadi ketolong juga buat ngerjain tugas kualitatif. hehe

    BalasHapus
  2. aku jadi makin sering nih baca baca blog kakak. isi nya walaupun tentang kuliah tapi bikin ketagihan. hehe

    BalasHapus
  3. kak..
    gman kalau cara menganalysis danmencari kesalahan dalam penggunaan research method skripsi sastra?

    BalasHapus