Rabu, 07 April 2010

Media Relations Riset Web

Metodologi

Ada beberapa metodolgi yang digunakan untuk mengetahui riset web :
1. Alexa Traffic Rank
Alexa.com, The Web Information Company, mengkhususkan diri memantau traffics rankings seluruh website, portal dan blog yang ada di dunia. Alexa.com juga menyajikan Top Sites global, berdasarkan negara, berdasarkan bahasa, dan berdasarkan kategori. Ada juga fasilitas untuk men-download 1 juta situs paling top, yang datanya diperbaharui setiap hari. Setiap hari juga diumumkan 500 situs yang paling top secara global. Dengan keberadaan Alexa.com, paling tidak kita bisa mengetahui di mana posisi website, portal atau blog kita berada. Terutama menyangkut jumlah pengunjung dan jumlah halaman web yang diakses. Dan kita juga bisa memperbaiki ranking, dengan melakukan perbaikan-perbaikan, baik menyangkut desain web, editor web, web server, web browser, maupun konten.
Alexa Traffic Rank sendiri adalah sebuah sistem peringkat yang mendasarkan skema peringkat pada tingkat lalu lintas situs Web masing-masing menerima dari jumlah orang yang mengunjungi situs dengan Alexa toolbar diinstal.
Metode yang digunakan untuk meranking situs-situs di dunia berdasarkan kombinasi jumlah pengunjung dan jumlah halaman situs yang dibuka perhari. Dengan demikian, semakin tinggi nilai kombinasinya, berarti situs tersebut semakin populer dan akan berada pada posisi lebih tinggi. Peringkat lalu lintas didasarkan pada tiga bulan lalu lintas historis kumpulan data dari jutaan pengguna Toolbar Alexa dan merupakan gabungan tampilan halaman ukuran dan pengguna . Sebagai langkah awal, Alexa menghitung jangkauan dan jumlah tampilan halaman untuk semua situs di Web setiap hari. Garis besar Alexa peringkat lalu lintas berdasarkan mean geometrik kedua jumlah rata-rata dari waktu ke waktu (sehingga ranking situs baik mencerminkan jumlah pengguna yang mengunjungi situs tersebut dan juga jumlah halaman di situs dilihat oleh para pengguna )

2. Google Page Rank
Merupakan pemeringkatan situs berdasarkan kepopulerannya. Pengukuran kepopuleran itu pun berdasarkan jumlah link masuk (inbound links) dan di komparasi dengan link keluar (outbound links). dimana semakin besar nilainya berarti semakin populer situs tersebut. Google menggunakan algoritma tertentu untuk merangking situs yang terdiri dari lebih dari 100 macam kriteria yang berbeda dalam perhitungannya, setiap kriteria bisa berubah bobotnya setiap saat.
Ada dua faktor utama dalam algortima peringkatan Google. Keyword (textual) factors. Faktor Keyword, bagaimana, dimana dan kapan keyword digunakan. Yang berarti seberapa baik optimalisasi situs kita untuk keyword yang kita pilih, dan kapan keyword itu muncul pada link yang merujuk pada halaman situs anda. Faktor keyword mencerminkan tingkat relevansi halaman (page relevance). Link (PageRank) factors. Ini termasuk juga jumlah dan kualitas dari link yang merujuk pada situs anda. Faktor link mencerminkan seberapa penting (page importance) dan seberapa kuat hubungannya dengan Google PageRank (PR).
Cara kerjanya, sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. Page Rank dihitung dengan skala 1-10. Situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.



3. Google Analytic
Merupakan salah satu cara untuk menganalisa web metric atau yang umunya disebut web statistik. Sebagian besar dari kita sudah menggunakan web statistik tools, yang banyak disediakan di internet secara gratis. Namun diantara begitu banyak data, kebanyakan dari kita belum memahami benar bagaimana cara menganalisa web statistik dengan baik. Beberapa hal yang sering diperhatikan orang selama ini adalah Jumlah Pengunjung, asal pengunjung, lama kunjungan. Padahal hal yang paling berguna dan penting untuk diperhatikan adalah Bounces Rate.

4. Web Value
Sekarang ini banyak sekali jumlah website maupun blog yang ada di seluruh dunia ini, ada ratusan juta. Namun setiap situs pasti memiliki harga masing masing. nah menurut yourwebsitevalue.com yang isinya mengestimasi nilai dari suatu website, terdapat nama google yang paling mahal dengan harga $3,119,138,197. Itu memang sangat mungkin terjadi mengingat google merupakan salah satu website terbaik di dunia saat ini. ini 10 besar situs termahal di dunia versi yourwebsitevalue.com.
Dengan adanya daftar web termahal, maka secara otomatis web tersebut juga menduduki 10 peringkat web tertinggi karena paling sering dikunjungi. Semakin tinggi nilai suatu web, berarti web tersebut menyediakan informasi yang lengkap dan cepat sehingga membuat para pengiklan tertarik untuk beriklan di web tersebut.
Sebagai contoh, pengiklan akan membayar Google dengan metoda formula Cost per Click, yakni metode dimana google akan dibayar sesuai dengan jumlah klik yang diterima oleh iklan tersebut. Namun google tidak mungkin memasang iklan para pengiklan hanya dalam situs mereka. Oleh karena itu diciptakanlah Adsense.
Adsense adalah tahap selanjutnya,dimana google bisa meletakkan iklan para pengiklan mereka didalam situs yang mengandung kode adsense. Ketika iklan adsense seseorang diklik oleh pengunjung lain, maka persentase dari jumlah uang yang dikeluarkan oleg pengiklan kepada google untuk menampilkan iklan yang bersangkutan akan dibagi dengan si pemilik situs tersebut.
Apabila kita ingin mengetahui estimasi blog atau website anda, kunjungi saja www.yourwebsitevalue.com. Kemudian isi box di kanan atas website dengan nama blog atau website kita kemudian klik estimate website value. Dengan demikian, akan muncul harga website kita.



Istilah- Istilah Metodologi

• Web Metric / Web Statistic
adalah data statistik yang memberikan banyak informasi berharga mengenai situs internet. Seperti jumlah pengunjung yang datang berdasarkan periode waktu, halaman yang paling banyak diakses, berapa lama mereka menghabiskan waktu, keyword yang digunakan dan lain-lain.

• Page Rank
adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/popular.
• Hit
adalah seberapa seringnya suatu komponen halaman web atau web pages diakses oleh pengguna.
• Bouncer Rates
adalah nilai untuk mengukur, seberapa lama pengunjung bertahan pada satu halaman web dan kemudian pergi dari halaman itu. Yang bergantung pula pada fungsi dari halaman itu sendiri. Dapat juga diartikan Tingkat persentase dari pengunjung yang hanya melihat satu halaman, tanpa klik, dan tidak lebih lama dari 5 detik di dalam website anda
• Cost per Click
sebuah program periklanan yang metode pembayarannya per klik. Seorang penerbit akan menerima bayaran sesuai nilai iklan yang di klik oleh pengunjung website.

Pemeringkatan

10 besar situs termahal di dunia versi yourwebsitevalue.com. :
1. Google.com $3,119,138,197
2. Yahoo.com $789,112,048
3. google.co.uk $340,438,933
4. blogger.com $316,040,944
5. sina.com.cn $303,061,802
6. youtube.com $268,001,095
7. flickr.com $219,268,334
8. amazon.com $187,473,901
9. facebook.com $159,318,323
10. live.com $156,890,251
Dan iniliah 10 besar website termahal yang berbahasa Indonesia :
1. Detik.com $4,543,142
2. kompas.com $3,679,168
3. detiksport.com $3,079,411
4. kaskus.us $1,560,415
5. itb.ac.id (kampusku.hahaha) $558,557
6. kafegaul.com $514,331
7. plasa.com $445,137
8. cbn.net.id $433,168
9. indonetwork.co.id $395,022
10. chip.co.id $344,699

Top ten website di dunia versi Alexa.com :
1. Google
2. Facebook
3. Yahoo
4. Youtube
5. Windowslive
6. Wikipedia
7. Blogger
8. Baidu
9. MSN
10. Yahoo JAPAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar